Breaking

Konsultasi Kesehatan Usaha di Klinik UKM Kota Malang

Klinik UKM Kota Malang
Klinik UKM Kota Malang sekaligus sebagai galeri


UKM di Kota Malang terus bermunculan tiap tahunnya. Hal ini tentu menimbulkan imbas positif lantaran perekonomian bisa semakin bergeliat di kota ini. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, sampai Januari 2017 tercatat ada 2.764 UKM.

Jumlah sebenarnya bisa jadi lebih dari itu, sebab belum tentu semua bisa terekam datanya oleh Pemerintah Kota Malang. Secara jumlah, itu sangat luar biasa. Tapi, tetap saja ada tantangan yang harus siap dihadapi oleh para pelaku UKM Kota Malang.

Tantangan itu meliputi bagaimana meningkatkan kualitas produk sehingga berdaya saing. Mampu memiliki inovasi agar produknya semakin berkembang. Kemampuan memasarkan produk juga akan mempengaruhi perkembangan usaha. Serta yang tak kalah penting, akses permodalan.

Tapi masyarakat yang baru membuka usaha dan masih bingung untuk mengembangkan usaha yang dirintisnya tak perlu bingung. Pelaku usaha bisa datang ke klinik UKM Kota Malang milik Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang. Di klinik ini, masyarakat bisa berkonsultasi seputar masalah permodalan, peningkatan kualitas produksi, manajemen keuangan sampai pemasaran produk. Sehingga bisa semakin professional dan berdaya saing.

Klinik UKM Kota Malang beralamat di Jalan Panji Suroso No 18 Kota Malang.  Klinik ini ibarat dokter yang siap menerima pasien untuk berobat. Khususnya bagi pelaku UKM yang usahanya tengah dirundung masalah. Klinik ini juga layaknya bengkel, karena siap memberikan pelatihan kewirausahaan.

“Tapi petugas yang siap memberikan bantuan konsultasi ke pelaku UKM sementara ini hanya ada tiap hari Senin dan Kamis,” kata Bu Yani, seorang petugas Klinik UKM Kota Malang.
Salah satu kerajinan yang dipamerkan di Klinik UKM Kota Malang


Klinik UKM Kota Malang ini tidak hanya menjadi rumah konsultasi bagi usaha kecil. Tapi sekaligus menjadi tempat pameran kecil dari berbagai produk usaha setiap harinya. Deretan produk didisplay di tempat ini. Di sini, calon pembeli bisa melihat langsung beragam produk kerajinan.

Jika cocok, bisa membayar langsung ke kasir yang berjaga. Kalau membutuhkan dalam jumlah banyak, tak perlu kawatir sebab di tiap display produk selalu ada kartu nama pemilik usaha. Sehingga bisa bertransaksi langsung dengan pelaku UKM.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.